Peringatan 10 Tahun Tragedi Berdarah di Simpang KKA

WAA Selasa 05/05/2009 Siaran Pers Peringatan 10 Tahun Tragedi Berdarah di Simpang KKA Korban Tuntut Segerakan KKR & Pengadilan HAM. 

BANDA ACEH - Krueng Geukuh, Sekitar 100-an korban dan keluarga korban Simpang KKA menggelar do’a bersama memperingati 11 tahun tragedi berdarah yang telah mengakibatkan 46 orang meninggal dan 156 orang lainnya mengalami luka tembak.

Peringatan dengan menggelar doa bersama ini dilakukan setiap tahunnya pada tanggal 3 Mei di lokasi kejadian di Desa Paloh Lada, Simpang KKA, Kec. Dewantara, Aceh Utara. Do’a bersama dimulai pada pukul 09.00 dan dipimpin oleh Tgk. Hasballah, salah seorang tokoh masayarakat di desa tersebut. Seusai menggelar do’a bersama, Murtala, Ketua Komunitas Korban Pelanggaran HAM Aceh Utara kepada media massa yang meliput peringatan tersebut meminta agar pemerintah segera membentuk KKR dan Pengadilan HAM di Aceh.

“Kami butuh keadilan dan pengungkapan kebenaran atas apa yang terjadi terhadap kami ketika operasi militer diberlakukan. Kami ingin penyelesaian tragedi Simpang KKA bisa segera diselesaikan melalui KKR dan Pengadilan HAM”, kata Murtala. Murtala juga menyesalkan sikap pemerintah yang mengulur-ulur waktu membentuk kedua mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM tersebut. Menurutnya pemerintah hanya menunjukkan keseriusan dan keberpihakan mereka terhadap korban hanya ketika mereka membutuhkan dukungan politik, tetapi tidak serius melaksanakannya.

“Kami berharap legislatif terpilih baru Aceh ke depan yang didominasi oleh partai lokal untuk memprioritaskan agenda-agenda keadilan bagi korban pelanggaran HAM”, sambung Murtala. Ibu Saddam Hussein tak sadarkan diri melihat pohon siri Sementara itu, Fauziah (40 thn), salah seorang keluarga korban yang turut hadir pada acara do’a bersama tersebut terjatuh setelah acara do’a bersama. Fauziah tidak sadarkan diri selama 15 menit dan terus menangis sambil menunjuk-nunjuk ke arah pohon siri yang terletak di jalur sebelah kanan Simpang KKA.

Fauziah adalah ibu kandung dari Saddam Hussein yang pada saat kejadian terkena tembakan di kepala sebelah kanannya ketika dalam gendongan ibunya dan meninggal. Ketika itu umurnya baru 7 tahun dan masih duduk di bangku kelas satu sekolah dasar. Salah seorang keluarga korban Simpang KKA yang membantu menenangkan Fauziah mengatakan Fauziah masih trauma bila melihat pohon siri tersebut, apalagi pohon itu sudah ada ketika tragedi Simpang KKA terjadi pada 3 Mei 1999. 

(KA) Komunitas Korban Pelanggaran HAM Aceh Utara Murtala Ketua Safri bin Ilyas Sekretaris Konfirmasi: 085277911277 (Murtala) Perdamaian Berkeadilan untuk Aceh! 

 KontraS Aceh Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan Aceh The Aceh Commission for Disappearances and Victims of Violence Jl. Mujur No. 98 A, Lingkungan Raja Jalil, Gampong Lamlagang Banda Aceh 23239 Indonesia Telp./Fax. +62-651-40625 Email: kontrasaceh_federasi@yahoo.com Website: www.kontras.org/aceh
Previous Post Next Post