No title

Utusan Pemerintah Aceh sedang melakukan pembicaraan mengenai rencana kerja sama Pendidikan dengan Dekan Fakultas Darul Ulum Universitas Cairo Mesir Selasa 26/05/2009.[Foto Abou Izzad/Waa].

WAA- Laporan Abou Izzad, Kontributor WAA Mesir

MESIR - Pemerintah Aceh sedang menjajaki kemungkinan kerjasama pendidikan dengan Universitas Cairo Mesir. Delegasi Aceh yang terdiri dari Syarifuddin Z, Abdul Karim, Dr. Qismullah Yusuf dan Sofyan Dawood telah tiba di Cairo pada hari Minggu 24/05/09.

Adapaun agenda kunjungan tersebut adalah menelusuri kemungkinan kerjasama pendidikan, yang selanjutnya akan diikat dengan MoU.

Universitas Cairo adalah universitas utama di Mesir yang menyediakan berbagai jurusan dan disiplin ilmu termasuk jurusan keislaman.

Menurut Dr. Qismullah Yusuf, tujuan utama kerjasama tersebut adalah untuk memberikan motivasi serta variasi kepada para mahasiswa dalam menuntut ilmu di Mesir, disamping itu masa belajarpun di Universitas Cairo relative lebih cepat jika dibanding dengan Universitas Al Azhar, sehingga dengan demikian mahasiswa akan lebih cepat kembali ke Aceh untuk mengabdikan ilmunya.

Pada kesempatan pertemuan dengan mahasiswa Aceh Mesir yang bertempat di Meuligoe Aceh, utusan Pemerintah Aceh tersebut juga sempat memberikan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa sebanyak 15 beasiswa, masing-masing 10 beasiswa untuk S1-S2 terbaik dari berbagai jurusan, 3 beasiswa untuk S2-S3 kaligrafi terbaik dan 2 beasiswa untuk S2 dan S3 terbaik dari berbagai jurusan.

Pada pertemuan lainnya sempat juga disinggung mengenai rencana pengadaan Rumoeh Aceh yang nantinya akan menjadi sentra Pemerintah Aceh di Mesir serta mencakup didalamnya wisma Aceh, asrama mahasiswa dan pusat pameran komoditas Aceh.

Selanjutnya Rabu (27/5) utusan tersebut bertolak ke Oman dan dilanjutkan ke Mekkah Saudi Arabia dengan membawa agenda yang sama.[Tarmizi Age]
Previous Post Next Post