Perkumpulan Masyarakat Aceh Sedunia Kirim Petisi Damai

Aktifis WAA sedang menunnggu tandatangan dari pengunjung aksi,
Foto di rekam 04/07/2009 di Berlin [Foto Iwan/Waa].

WAA – Pada hari ini Jumat 10 Juli 2009, kami World Achehnese Association (WAA) yang merupakan sebuah Organisasi Sipil Aceh sedunia mengirimkan petisi untuk menindak lanjuti aksi damai yang telah diadakan pada hari Sabtu tanggal 04 Juli 2009 di Brandenburger Tor Berlin, Jerman bertemakan ’Keberlanjutan Perdamaian Aceh’, berkat dukungan semua pihak telah sukses di laksanakan dengan baik.

Diantara laporan yang kami kirim adalah, Petition Sustainability Peace in Aceh, Brosur yang sama dengan yang kami bagi-bagikan ketika Aksi dilaksanakan dengan judul Sustainable Peace for Aceh, 4 lembar dokumentasi foto acara serta tabel dukungan tanda tangan yang di isi diantanya oleh warga Jerman, Italy, America, Netherland, Denmark, Newzeland, Turkey dan Aussie (Australia).

Bendera WAA di kibarkan di Berlin, Gambar di ambil 04/07/2009, di Depan Parlement Jerman.[Foto Iwan/Waa].
Dalam Petisi tersebut kami meminta agar dilakukannya evaluasi implementasi MoU oleh semua pihak yang telah terlibat dalam penandatanganan perjanjian damai perang Memorandum of Understanding antara Gerakan Aceh Merdeka dan Pemerintah Republik Indonesia pada 15 Agustus 2005 di Helsinki, Finland.

Kami berpendapat Pelaksanaan MoU di Aceh masih tidak jalan sesuai dengan yang di janjikan, perjanjian bukan hanya berhenti mengangkat senjata untuk berperang, tapi ada berbagai hal lain yang harus di perhatikan. Undang-undang Pemerintah Aceh (UU PA) yang tidak sesuai dengan MoU, Tapol dan Napol Aceh yang belum di bebaskan sampai saat ini, pengadilan Hak Asasi Manusia yang belum dibentuk, hak-hak para korban dan pejuang yang masih belum tertunaikan dan berbagai hal-hal lainnya adalah merupakan salah satu kejahatan dalam pelaksanan perjanjian damai di Aceh.

Kami juga menuntut kepada pihak Internasional dan Uni Europe supaya tidak lepas tangan melupakan Aceh, karena usia perdamaian Aceh masih terlalu muda.

Foto bersama, Aktifis WAA sesaat setelah tiba di depan gedung Parlement Jerman untuk persiapan terakhir aksi yang bertema Keberlanjutan Perdamaian Aceh di Berlin pada 04/07/2009.[Foto Iwan/Waa]
World Achehnese Association mengucapkan terima kasih kepada warga dunia yang telah memberikan bantuan kemanusian Tsunami untuk Aceh baik melalui lembaga resmi Negara maupun lembaga- lembaga non Pemerintahan atau NGO.

Petisi tersebut kami kirim kepada Dr. Tengku Hasan M. di Tiro (Head of Gerakan Aceh Merdeka (GAM)) di Sweden, Frank-Walter Steinmeier (Foreign Ministtry of Republic Federal Germany) Berlin, Ms.Navanethem Pillay (Office of the United Nations High Commissioner for Human Rights (OHCHR)) di Geneva, Mr Jacques Barrot (Vice-President of the European Commission) DG Justice, Freedom and Security di Brussels, Presiden Ahtisaari (Chairman of Crisis Management Initiative (CMI)) Helsinki.

Fjerritslev, Danmark
Jumat 10 July 2009

Team World Achehnese Association (WAA)
Ban sigom donja keu Aceh!
Previous Post Next Post