Menyambut Beulan Cuci Ramadhan Dengan Pengajian, Ceramah Dan Doa

Pembukaan acara oleh Anwar Omar (foto/wareeh)
WAA – Aalborg, Sabtu 06/06/15, masyarakat Aceh yang tergabung dalam organisasi World Achehnese Association datang ketempat acara memperingati menyambut bulan suci ramadhan 1436. Dimana bulan yang sedang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam diseluruh dunia untuk melakukan ibadah puasa, dan shalat tarawih.

Pada kesempatan itu, dari pukul 12.00 sampai pukul 14.00, Aktivitas pengajian al-quran bersama bagi anak-anak Aceh yang tinggal di Denmark sudah menjadi program utama dalam kegiatan masyarakat Aceh. Pada setip hari sabtu ada juga pengajian rutin belajar tentang agama Islam dan bahasa Aceh, walaupun mareka hidup dinegara yang bukan Islam tapi tidak ada halangan untuk belajar dan ingin medalami tentang agama islam.

Alhamdulillah, berkat dorongan dan perhatian para orang tua mereka sendiri dalam bidang agama tidak pernah luput. Semangat belajar agama bagi anak-anak Aceh (Generasi Aceh) yang ada di Denmark terus termotivasi. Begitu juga dalam kaidah nilai-nilai ke Aceh-an mereka yang dibina oleh ibu dan bapak nya jangan hilang. Sebut saja salah satau contoh seperti bulan puasa, mereka  puasa selama ramadhan,  tidak terpengaruh dengan alasan pergi sekolah dan bergaul dengan anak - anak orang Denmark yang tidak ada berpuasa disekolah karena anak orang Dansk non muslim tapi bagia mareka anak aceh itu buka satu kendala untuk mareka tidak berpuasa.

Begitu juga dengan perbedaan waktu, Puasa di Denmark sangat beda dengan negara endatu kita yaitu Acheh. Kemungkinan bulan Ramadhan ini di Denmark seluruh umat Islam yang ada di scandinavia lebih dari 20 jam berpuasa dalam satu hari dengan cuaca yang sangat panas. Nah walaupun kondisi seperti itu, kita semua sangat senang dengan datang nya bulan suci ramadhan.

Masuk dalam progam acara

Pada pukul 14:10, Para tamu Allah itu mulai menggabil tempat masin- masin yang sudah disediyakan oleh penitian acara tersebut. Pembukaan acara oleh Tgk. Anwar Umar dengan kata-kata sambutan dan terimakasih kepada peserta yang sudah datang ketempat itu.

Setelah Anwar membuka acara dan memberikan sepatah dua kata, setelah itu dia serahkan kepada protokoler untuk melanjutkan acara yang sudah disusuh oleh penitia acara.

Protokol, Zahratul ilmi ( foto/wareeh)
Zahratul Ilmi Usman berdiri didepan para hadirin yang gagah seperti Cut Nyak Dhin. Zahra berdiri untuk memprotokolerkan acara mulia, yaitu memperingati menyambut bulan suci Ramadhan tahun 1436 H dengan kata bismillah dan syukur kepada Allah. Keumudian pembacaan ayat suci Al-quran oleh Helmi Jufri Jurfi ,dan pembacaan arti oleh Nurbaiti Jufri beserta qasidah.
                                       
Setelah mereka membaca ayat suci Al quran. Zahra selaku protokol mengucap  “ Terimoenggeunaseh keu adek-adek geutanjoë njang kalheuh geubaca sikrék dua ayat suci Al-qurna “ dengan gaya bahasa keacehan nya yang bersemangat.

Pukul 15.00 acara pokok, kata - kata nasehat dalam ceramah menyambut bulan suci Ramadan oleh Tgk. Hassan Basri (Nek Hasan). Dalam ceramah Tgk Hasan, banyak kalimat yang bisa kita petik untuk bekalan mempersiap diri kita dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang tidak lama lagi, sudah didepan mata kita, hanya menunggu hitungan hari.

Nek hasan mengingatkan, Ramadhan bulan yang tidak selalu hadir dalam kehidupan kita umat islam, hanya sebulan dalam setahun. Maka kita gunakan bulan yang penuh rahmat, dan makfirah ini sebagi bulan umat nabi Muhammad untuk melakukan banyak ibadah, memohon ampunan kepada Allah SWT.

Lanjutnya lagi, dengan puasa ramadhan tapeukoëng iman, tapeulée amai, dan tatamah taqwa. Oleh karena itu, terlebih dahulu kita harus meyucikan hati dari empat sifat, yaitu sifat Hasadun (dengki dan iri hati), sifat Gibbah ( meuúpat), sifat Katzabun (sulet) dan sifeut sombong.  

Sedang mendengar tausiah menyambut bulan suci Ramdhan  
Mari jauhkan diri kita dari 4 sifat itu, bersihkan hati kita dengan air mata penyesalan dan bertaubat  kepada Allah SWT, mudah-mudahan kita menjadi hamba njang senatiasa tawakal kepada Allah. Begitulah ajakan kepada para hadirin di hujung nasehat nya.

Sebelum acara berakhir, Tgk. Suhadi Yahya memimpin membacakan doa dan selawat kepada nabi Muhammad secara bersama-sama. Dengan berakhir dengan doa, maka berakhirlah acara memperinagti menyambut bulan suci Ramadhan pada haru itu pukul 15.30 waktu setempat.

Teamwaa mengucap terimakasi kepada anggota dan kepada semua rakan-rakan yang memberikan dukungan kepada WAA. Baik berupa kritikan dan masukan, semoga Waa terus berlajan dengan adanya kerja sama kita semua. Selamat Menyabut Bulan Suci Rahmadhan 1436 H, Kepada Seluruh Umat Islam Yang Ada Di Seluruh Dunia. 

Jika Semua Harta Adalah Racun, Maka Zakatlah Penawarnya.

Mohon Maaf Lahir Dan Batin


Wassalam 


Sektaris WAA

Syukri Ibrahim
Mobil Nr     : +45 81 748 444
Fanøgade 5, 3 Th
9000 Aalborg

Denmark
Previous Post Next Post