Kelompok Peumaju Aceh Binaan LSM AC-DENMARK Dirikan Saung Tani

Rakan-rakan Acdk di Aceh  
WAA - Kamis 22/12/2012, Kelompok Peumaju Aceh Binaan LSM AC-DENMARK Dirikan Saung Tani
ACEH - Saung Tani (Balee Mupakat) Gapoktan (gabungan kelompok tani) Peumaju Aceh binaan ACDK yang didirikan di Gampoeng Alue Sijuek, Kemukiman Pintoe Batee, Kecamatan Peudada, Bireuen, Aceh, pada Hari Kamis Tanggal 15 September 2011 dan Alhamdulillah selesai pada Hari Sabtu Tanggal 01 Oktober 2011
Saung Tani ini di bangun hasil bantuan anggaran dana migas APBA Aceh.
Saung Tani tersebut didirikan pada sepetak tanah bekas rumah milik Tarmizi Age (Mukarram) dan sekarang tanah tersebut milik Saifuddin Age, yang menjabat sebagai Ketua LSM AC-DENMARK (ACDK) yang terletak dibelakang SD Negeri 14 Peudada dengan Luas tanah 8m x 14 m.
Saung Tani tersebut dicat berwarna hijau sebagai simbol penghijauan.
Tujuan didirikan Saung Tani tersebut adalah sebagai tempat pertemuan petani, baik keperluan rapat, tempat pelatihan, dan evaluasi program.
”Gapoktan Peumaju Aceh” berdiri pada tahun 2007 atas dasar hasil musyawarah kelompok – kelompok tani yang ada di Kecamatan Peudada.
Gapoktan Peumaju Aceh yang saat ini di bina oleh LSM AC-DENMARK (ACDK), ikut membantu kerja – kerja ACDK dalam membina kelompok – kelompok tani lainnya di Kecamatan Peudada, Bireuen.
Beberapa program yang sedang dijalankan saat ini oleh kelompok – kelompok tani tersebut di antaranya;
1. Tanaman Pangan Dan Holtikultura Jeruk Nipis oleh Kelompok Gle Cot Pupok.
2. Perkebunan Kakao oleh Kelompok Usaha Baru.
3. Tanaman Pangan Dan Holtikultura Halia oleh Kelompok Gle Ramboeng Rapa’i.
4. Petenakan Sapi Bali oleh Kelompok Alue Naga Jaya.

Kedepan, Gapoktan Peumaju Aceh sedang mempersiapkan satu kelompok lagi yaitu Kelompok Leubok Sanee Gle Beurabu yang bergerak dibidang Program Agrowisata dan untuk sementara masih dalam proses pengurusan, LSM AC-DENMARK (ACDK) akan selalu berusa meningkatkan pembinaan agar semua kelompok bisa sukses menjalankan program – programnya dengan baik.
Mungkin hanya ini sekilas sejarah singkat mengenai Saung Tani Peumaju Aceh (Balee Mupakat) yang berada di Gampoeng Alue Sijuek Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen, Aceh.
Haris Munanzar adalah Staf Perencana Program LSM AC-DENMARK (ACDK)
Previous Post Next Post