Kelompok Binaan ACDK Ikut Pelatihan Sekolah Lapang Bagi Kelompok Pengembangan Jahe Bio Permata

Pelatihan Pengembangan Jahe Bio Permata (foto, Acdk)

WAA - Pada hari jum’at  06 jan 2012 pukul 09:00 wib, dalam rangka meningkatkan sumber daya para petani jahe di Kabupaten Bireuen, Kepala Dispernakbunhut Kabupaten Bireuen melalui Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Bireuen “Bapak Ir. Ali Basyah” telah membuat “Pelatihan Sekolah Lapang” untuk Program Kelompok Pengembangan Jahe Bio Permata yang dilaksanakan dikebun milik “Bapak Ir. Zainal SP” sebagai Ketua Kelompok Tani Bina Bersama yang letaknya di Gampong Padang Kasab, Kecamatan Peulimbang Kabupaten Bireuen.

Pelatihan Sekolah Lapang (SL) tersebut diikuti oleh 8 (delapan) Kelompok Petani Jahe di Kabupaten Bireuen, diantaranya; 1. Kelompok Tani Gle Rambong Rapa-i Binaan Lembaga Ac-Denmark (ACDK), 2. Kelompok Bina Bersama, 3. Kelompok Tani Sarah Batee, 4. Kelompok Tani Awe Jaya, 5. Kelompok Rambong Ulu, 6. Kelompok Tani Asoe Rimba, 7. Kelompok Tani Gle Bu Kulah, 8. Kelompok Tani Leubok Seutui.

 Dalam Sekolah Lapang yang diadakan tersebut juga dihadiri oleh Bapak Ir. Ali Basyah (Kabid Tanaman Pangan & Hortikultura), Bapak Husaini SP (Kasie Usaha Tani dan Alsintan), Bapak H. Azhari SP Koordinator PHP (Pengamat Hama Pertanian), serta Penyuluh di dinas BP3K Peulimbang.

Pemandu Pelatihan Sekolah Lapang dipaparkan oleh Bapak H. Azhari SP selaku Koordinator PHP di Instansi Dispernakbunhut Kabupaten Bireuen, materi yang dipaparkan berupa perkenalan akan hama pada tanaman jahe dan pencegahannya. Menurut “Koordinator PHP” penyakit yang sering ditemukan pada tanaman jahe yaitu hama usarinus (layu daun), bakteri busuk buah, dan hama gulung daun.

Harapan dari Bapak Ir. Ali Basyah dengan diadakannya sekolah lapang ini diharapkan Petani Jahe di Kabupaten Bireuen bisa meningkatkan hasil produksi jahe dan dapat membantu masyarakat petani dalam meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat petani jahe khususnya di Kabupaten Bireuen.

Saifannur Muhammad adalah Sekretaris Lembaga Ac-Denmark (ACDK) Kabupaten Bireuen – Aceh
Previous Post Next Post